Cacatin Tangan Orang, (Cara Seleksi Dengan Pen Tool)

  • Whatsapp

Yang masih belum mengerti Photoshop dari awal, ketik saja Basic Photoshop di Rubrik atau gambar “Belum Bisa Photoshop? KLIK”. Soalnya ini pelajaran lanjutan untuk yang sangat newbie sama photoshop.


Sekarang saya akan mengenalkan Pen Tool. Seperti namanya, Pen Tool adalah alat untuk menulis di seperti Pena (Freeform Pen Tool), tapi tentu ada bedanya denagn pena biasa. Soalnya Pen Tool juga ada yang fungsinya sangat menyenangkan untuk membantu edit mengedit foto. Seperti bisa menyeleksi dengan detil, dan juga bisa ubah menjadi brush.

Bacaan Lainnya

Freeform Pen Tool seperti pena saja fungsinya, jadi bisa buat coret coret dengan cara mengklik mouse dan menahannya sambil terus membuatan guratan. Sedangkan Pen Tool, cara menggunakannya jauh lebih mudah, kita tinggal mengklik saja bagian yang ingin “dicoret” dengan pena itu, atau bisa juga untuk seleksi. Dan saya hanya akan menjelaskan untuk seleksi saja saat ini.

Langsung aja Gan praktek, klik saja Pen Tool-nya.
Lalu klik lah gambar yang ingin dicoret atau ditandai dengan Pen Tool, caranya klik saja, nanti secara otomatis Pen Tool akan menyambungkan garisnya ke tempat yang tadi diklik.

Kalo sudah dikeliligi bagian yang ingin diseleksi dengan Pen Tool, sekarang berarti tinggal mengubah Pen Tool menjadi seleksi. Caranya mudah, Klik Kanan pada Mouse, lalu pilih Make selection, dan Klik OK!

Untuk melihat apakah seleksinya berhasil atau tidak, coba seret gambar yang diseleksi itu menggunakan Move Tool.

Nih gan saya kasih bonus pelajaran, biar agak asik belajarnya, jempol yang tadi saya seleksi, kita gandakan, lalu tempelin lagi ke tangan itu.
Caranya, posisikan lagi jempolnya ke posisi awal, kan tadi abis diseret. Klik saja Ctrl + Z untuk mengembalikan pada posisi awal (Undo).

Kalo udah, sekarang klik Edit > Copy Lalu ulangi lagi klik Edit > Paste, kalo mau cepat, langsung saja tekan Ctrl + J. Nanti bagian yang diseleksi akan menjadi dua atau ganda, dan akan ada di Layer Baru. Lihat gambar atas.

Sekarang posisikan jempolnya seperti pada gambar di atas, lalu hapuslah bagian yang tidak pentingnya dengan menggunakan Eraser Tool, dan kurangi Opacity erasernya, biar menghapusnya bisa sangat halus dan tipis. Selesai deh buat tangan orang lain cacat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.