Membuat Kota Fantasy dengan Photoshop (Menggabungkan 11 Gambar) Bagian #1

  • Whatsapp

Tidak seperti kelihatannya gan, membuat kota fantasy seperti editan saya di atas, itu tidak terlalu sulit. Soalnya kita hanya menggabung-gabungkan gambar, lalu menghapusnya dengan cara membuat Layer Mask, memberinya efek warna, dan juga memposisikannya. Kurang lebih seperti itu. Tidak banyak menggunakan efek-efekan, hanya menggabungkan gambar dan mewarnainya. Langsung aja gan caranya.


Pertama: Masukan Background gambarnya lalu duplicat. Di sini saya tidak membuat halaman baru, tapi ukuran size halamannya disesuaikan saja sama besarnya photo pemandangan rumput hijau dan berbukit batu itu.


Kedua: Masukan gambar Candi Prambanan. Hapus background itu menggunakan Magic Wand Tool soalnya backgroundnya memang putih. Dengan Magic Wand Tool pada latar satu warna, sekali klick, semua warna yg sama akan terseleksi.

Bacaan Lainnya

Magic Wand Tool

Potong juga bagian gambar Candi Prambanan itu dengan Rectangular Marquee Tool. Seleksi yang  mau dihapus, lalu tekan Delete.

Sesuaikan besar dan posisi candi itu seperti di gambar. Sebelum kita tempel, biar candi itu menyatu dengan gambar, bagian bukitnya kita seleksi terlebih dahulu agar posisi candinya sepertiada di atas bukit beneran

Seleksi bagian gambarnya, lalu tekan CTRL + J. Nanti secara otomatis bagian yg diseleksi terpisah. Letakan posisi bagian bukti itu di atas layer candi prambanan.

Batu yang diseleski itu duplicat, lalu posisikan di layernya di atas gambar candi.

Tindih candinya dengan potongan bukit yang tadi hasil duplicat

Ketiga: Masukan gambar gedung. Hapus background gedungnya. Dan sebelum gedung itu ditempel, kita potong lagi bagian kecil bukit dan bagian gambar hutan. Biar gedungnya nanti ditutupi tebing dan hutan. Cara memisahkan bagian gambarnya sama seperti point 2.

Letakan posisi gedung itu dibawah layer bagian tebing dan hutan yang tadi diseleksi.

Keempat: Masukan gambar air terjun lalu posisikan. Untuk gambar air terjun, cara menyatukan dengan background ini kita gunakan Layer Mask. Untuk mengaktifkan Layer Mask, gunakan brush dengan warna hitam atau putih. Warna hitam untuk menghapus, dan warna putih untuk mengembalikan yang tadi dihapus kalo terjadi kesalahan.

 Layer Mask
 Brush Tool

Setting warnanya

Hapus pada bagian yang tidak penting Atur opacity brushnya dengan halus biar gambar bisa terkesan menyatu.

Kelima: Masukan gambar air terjun ke dua. Yang akan kita ambil gambar rumput yang menempel dibatunya, bukan gambar airnya. Lakukan hal yang sama seperti point empat, menggunakan Layer Mask.

Gunakan Layer Mask



Keenam: Masukan gambar rumah Hobbit. Untuk menyatukan dengan gambarnya sama seperti point dua dan tiga. Tapi untuk yang ini tambahkan juga Color Balance untuk menyamakan warna rumputnya (Image > Adjusments > Color Balance).

 Balikan posisinya

Gunakan Layer Mask menghapusnya

 Atur warnanya biar sama dengan rumput di background

Lanjut Bagian Dua

Bahan-bahannya 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.